Rabu, 20 November 2013

Mencoba Sesuatu yang Baru

Anda terbiasa menjalani rutinitas dengan aktivitas yang sama dari hari ke hari. Entah Anda hanya memasak sayur sop dan menggoreng tahu. Menulis sebuah puisi. Memainkan sebuah lagu dengan piano. Menjadi seorang pendengar yang baik dari teman Anda sendiri. 

Semakin rutin Anda menjalankan aktivitas tersebut, semakin terlatih dan terampillah Anda. 

Tetapi tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba sesuatu yang baru. Baik menulis sebuah artikel, yang tadinya menulis sebuah puisi. Belajar bermain biola. Membuat kue bolu kukus yang sudah disertai dengan buku panduan pembuatannya. Menjadi seorang pembicara yang baik atau bahasa kerennya, public speaker (ini pekerjaan favorit saya, hehe..). Dan masih banyak lagi tentunya.

Dengan belajar mencoba sesuatu yang baru, bukan mustahil kemampuan atau potensi diri Anda akan bertambah. Dan sesuatu yang baru Anda rengkuh seraya belajar itu, harus senantiasa diasah. Anda bisa mempelajari hingga lebih mendalam secara otodidak. Atau pun kalau Anda memiliki cukup banyak anggaran, Anda bisa mengikuti kursus sesuai bidang yang tengah ingin Anda tekuni. Mengikuti kursus biasanya mendapat banyak pelajaran yang lebih banyak hingga memiliki banyak jaringan baru daripada belajar secara otodidak mengingat keterbatasan ilmu yang dimiliki. Jangan takut uang Anda pergi hilang sekejap karena telah dipakai untuk mengembangkan kemampuan baru Anda. Justru yang telah Anda lakukan tersebut merupakan suatu investasi yang mahal dan tak ternilai harganya. Ilmu begitu luas seluas samudera, pakailah ilmu itu untuk kemudian dapat meningkatkan kesejahteraan hidup diri Anda. Apabila telah berhasil meningkatkan kesejahteraan hidup Anda, berbagilah untuk kemudian dapat menyejahterakan hidup bagi banyak orang. Saya yakin, mereka akan banyak berterimakasih kepada semua yang telah Anda bagikan tersebut. Namun, jangan menjadi motivasi kuat Anda agar mendapat banyak pujian dari orang lain. Dengan kata lain, Anda memiliki niat untuk mengembangkan kemampuan baru senantiasa, sehingga pada akhirnya akan menjadi sebuah bakat baru bagi diri Anda. Ya semua adalah anugerah Tuhan Yang Maha Baik.

Bagi Anda yang selama ini menjalani aktivitas yang menjadikan Anda "biasa-biasa saja", sudah waktunya bagi Anda untuk keluar dari comfort zone (zona nyaman). Sangat tidak baik dan sungguh rugi, apabila Anda menjalani hari demi hari dengan menjadi orang yang "biasa-biasa saja" yang tampak dari tiada tantangan yang memunculkan semangat tinggi dari dalam diri Anda, dalam menjalankan aktivitas dalam sehari. 

Agar Anda tidak menjadi insan yang "biasa-biasa saja" dan senantiasa memiliki energi positif yang terpancar dari dalam diri, maka mulailah mencoba sesuatu yang baru. Belajar menulis sebuah puisi, no problem. Itu langkah kecil yang bagus dan saya sangat menghargainya. Jangan lihat apakah puisi Anda bagus atau tidak, yang terpenting Anda sudah mau belajar mencoba menulis sebuah puisi. Saya menghargai usaha Anda, karena saya melihat adanya gerakan baru yang positif dari yang biasanya Anda jalani sebagai orang yang "biasa-biasa saja". Pertahankan dan pelihara tindakan positif tersebut, nantinya akan menjadi sebuah gaya hidup Anda yang positif.

Semua demi tercapainya insan yang lebih baik, positif, sehat, dan selalu maju di tengah-tengah  kehidupan sekarang yang sarat persaingan. Anda pasti bisa! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar