Kamis, 21 November 2013

Hidup : Ujian Dulu, Baru Belajar

Hidup memang memiliki semboyan : "Ujian Dulu, Baru Belajar".

Berikut saya ambil salah satu contoh yang paling sederhana dan dekat dengan diri kita. 

Ada seorang wanita dewasa berusia 24 tahun bernama Fania, belum married, dan sudah bekerja di tempat perusahaan terbaik di Indonesia. Fania memiliki banyak kesibukan, sampai merasa waktu 24 jam dalam sehari terasa kurang. Pada akhirnya, Fania memaksa diri untuk menyelesaikan semua tugasnya sampai pukul 24.00 WIB. Setelah itu pergi tidur malam. Hal itu terus berlangsung selama 2 hari. Tak peduli adanya rasa lelah hingga bercucuran banyak keringat. Pokoknya yang terpenting saya harus menyelesaikan semua tugas saya, kata Fania dalam hati dengan tegas.

Pada hari ke-3, tubuh Fania memberikan tanda-tanda sebagai mulai datangnya penyakit. Diawali dengan flu ringan yang pada akhirnya berkembang menjadi flu tingkat parah hingga bersin-bersin. Setelah menderita flu, otaknya tidak bisa diajak berkonsentrasi dengan baik, mulai muncul sakit pusing, hingga memunculkan tindak menyerah oleh diri Fania mengingat tidak mampu mengerjakan banyak aktivitas dengan baik. Kesehatannya semakin memburuk dan harus memerlukan banyak istirahat. Di saat-saat sakit pun, Fania tidak bisa bekerja yang seharusnya dengan maksimal. Oh, barulah sadar Fania, kalau kesehatan itu mahal dan tak ternilai harganya. Dari situ Fania mulai dapat menarik hikmah berharga bahwa sesibuk-sibuknya diri, harus menyeimbangkan dengan waktu istirahat. Ini tandanya harus inisiatif belajar peduli akan kesehatan diri. Ibarat HP yang tidak selamanya baterainya penuh, pasti akan habis, dan harus dicharge ulang untuk kemudian dapat terisi kembali. Dengan adanya waktu istirahat, hidup akan menjadi seimbang dan lebih sehat, hingga bukan mustahil akan menjadi sebuah gaya hidup yang sehat kalau senantiasa dipelihara dan dibiasakan.

Banyak aktivitas dan cukup istirahat membuat kita mampu bertahan hidup sehat dalam waktu lama. Atau banyak aktivitas dan sama sekali tidak ada istirahat (baca : tidak membatasi diri sejenak) membuat kita tidak mampu bertahan hidup sehat dalam waktu yang lama. Anda pilih yang mana?
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar