Senin, 17 Desember 2012

Percaya Kepada Kemampuan Diri Sendiri

"1.000 orang tidak percaya pada kemampuan kita itu tidak jadi masalah, tetapi kalau kita tidak percaya pada kemampuan diri kita, itu baru BENCANA." (Andrie Wongso)




Setiap manusia pasti dianugerahi kemampuan oleh Tuhan. Dalam wujud sisi kelebihan dari dirinya sendiri. Tetapi seringkali, dalam proses pengembangan kemampuan diri kita, tidak jarang jika kita menjumpai banyak orang yang ada di sekeliling kita meragukan kemampuan diri kita sendiri.

"Ngapain kamu melakukan hal itu? Padahal kamu itu bodoh sekali!"
"Eh, tahu gak, aku tidak suka gaya musikmu!"
"Eh, bisa gak ngaca! Kamu itu tidak berbakat!"
"Maaf ya, naskah Anda kami tolak! Karena naskah Anda tidak mampu menjual!"
"Eh, bisa gak sih ngaca dulu bentar! Kamu itu badannya pendek, tetapi masih tetap ingin menjadi seorang pemain basket. Kamu itu orang aneh dan gila!"
Dan lain-lain..., yang berintikan pada segala ucapan negatif dari orang-orang di sekitar kita. Entah itu teman kita, sahabat kita, tetangga kita, orang tua kita, kakak kita, adik kita, dan lain-lain. 

Jangan salah, jika orang terdekat kita, contohnya keluarga kita sendiri, ternyata mampu meragukan kemampuan diri kita. 

Lalu, bagaimanakah sikap kita yang seharusnya, jika kita berhadapan dengan banyak perkataan negatif dari orang lain yang keluar dari mulut mereka sendiri? Jawabannya adalah, kita menghiraukan segala perkataan negatif mereka. Berbuatlah seolah-olah Anda tidak mendengarkan mereka sama sekali dan bertindak fokus pada jalan ke depan. Mereka melakukan hal demikian dengan maksud untuk meragukan kemampuan Anda. Di sinilah, mental kuat Anda sedang mulai ditempa. Di sinilah Anda mengalami masa belajar untuk menjadi pribadi yang kuat dan hebat dalam karakter. Di sinilah, mental Anda sedang diuji untuk menentukan keluar tidaknya menjadi seorang pemenang sejati.

Maka daripada itu, dalam menghadapi kenyataan sedemikian, kita hendaknya mengabaikan segala ucapan negatif mereka dan tak perlu terbawa hingga ke dalam alam pemikiran Anda. Dan Anda segera mengambil tindakan untuk tetap berfokus diri dalam mengembangkan kemampuan diri Anda. Anda sama sekali tidak takut terhadap berbagai keraguan yang telah mereka berikan, karena Anda sungguh-sungguh telah memiliki keyakinan teguh dan kuat bahwa Anda memiliki kemampuan yang luar biasa. Anda ingin membuatnya menjadi sesuatu yang berharga melalui torehan karya hidup yang luar biasa menakjubkan. Anda juga hendaknya membiasakan diri untuk selalu menumbuhkan motivasi dalam diri Anda secara konsisten, sehingga Anda tetap kuat di kala badai hidup menerjang Anda. Dan pada akhirnya, pelan namun pasti, jika Anda sungguh-sungguh tekun mengembangkan kemampuan Anda dengan rasa percaya diri yang tinggi, Anda akan keluar sebagai seorang pemenang! Anda akan menikmati kesuksesan yang luar biasa. Dan Anda boleh bangga, karena Anda telah berhasil membuktikan kepada mereka, bahwa Anda memang memiliki kemampuan yang hebat, tidak seperti yang telah mereka duga pada sebelumnya.

Selamat mencoba.
Salam sukses, luar biasa! :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar