Kamis, 15 Mei 2014

Pelihara Mulut dan Lidah Anda

Artikel saya dimuat di BERGEMA 
edisi 199, Maret 2014





“Siapa memelihara mulut dan lidahnya, memelihara diri dari pada kesukaran.” (Amsal 21:23)


            Anda harus bersyukur kepada Tuhan yang telah menganugerahkan mulut dan lidah untuk Anda. Sebuah anugerah indah yang mahal harganya. Dengan mulut dan lidah, Anda bisa berbicara dan mengunyah makanan. Sungguh nikmat yang tak terkira.
            Namun apabila kita telisik lebih dalam, memelihara mulut dan lidah membantu memelihara diri kita dari kesukaran. Ketika kita menggunakan mulut dan lidah kita untuk berkata-kata yang baik, maka kita terbantu untuk menjadi manusia yang penuh berkat. Ditambah lagi menjadi manusia yang semakin baik kepribadiannya, memiliki kecerdasan emosi yang baik, menjalani hidup dengan penuh percaya diri, semangat, dan lain-lain. Yang pasti, akan melahirkan rasa tenang dalam diri dan damai dalam hati kita. Hal-hal baik yang telah kita bawa akan mendatangkan pengaruh yang baik dalam hidup kita. Itulah sebabnya kita jauh dari kesukaran hidup. Jauh dari rasa kesusahan dalam diri, ditimpa kemalangan, menjadi pribadi yang berkepribadian buruk, hingga hilang semangat dalam diri. Tak heran, kita dipenuhi kesuksesan hidup karena Tuhan telah turut bekerja di dalam diri kita.
Berbeda halnya ketika kita menggunakan mulut dan lidah kita untuk berkata-kata yang buruk. Kita tidak lagi memiliki rasa percaya diri, semangat, hingga tak berdaya. Kita tidak diliputi rasa tenang dalam diri dan damai dalam hati. Kita menjadi manusia yang berkepribadian buruk. Alhasil, hal-hal buruk yang telah kita bawa akan mendatangkan pengaruh yang buruk dalam hidup kita. Kita dipenuhi kesukaran dan kemalangan hidup. Sulit sekali bagi Tuhan untuk bekerja mendatangkan kebaikan dalam diri kita. Apabila kita ingin membalikkannya, agar Tuhan  mendatangkan kebaikan dalam diri kita, maka kita harus mulai menggunakan mulut dan lidah kita untuk berkata-kata yang baik serta membiasakannya dalam keseharian hidup kita. Sesuatu yang mudah untuk dilakukan asal ada niat yang tulus dari dalam hati kita dan komitmen kuat.
Ayat Alkitab di bagian awal tulisan ini adalah salah satu ayat Alkitab yang sungguh sangat menguatkan hati kita, bahkan telah memberikan petunjuk hidup yang baik yang mengarah pada kebenaran. Maka baiklah bila kita senantiasa memelihara mulut dan lidah, agar kelak memelihara diri kita dari kesukaran hidup. Sungguh pasti terbantu membawa hidup kita menjadi lebih baik dan positif. Tuhan sendiri pun rindu untuk mencurahkan kebaikan-kebaikan bagi diri kita semua. Sehingga tiada alasan bagi kita untuk tidak hidup sesuai dengan yang telah disabdakan-Nya. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati Anda semua. (Hanna Kristina/St. Theresia)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar