Jumat, 28 Maret 2014

Membangkitkan Kekuatan “Pesawat”



Judul: Aircraft in You
Penulis: Soesanto Goentoro
Penerbit: Sinotif Publishing
Tebal: xiv + 134 halaman
Cetakan: Pertama, Agustus 2013
Kategori: Motivasi




Ketika membaca buku karya Soesanto Goentoro, saya teringat banyak orang sukses di dunia berawal dari berani bermimpi besar. Itulah peran penulis, menginspirasi kita untuk membangkitkan kekuatan “pesawat” pada buku: “Aircraft in You: Temukan Kekuatan ‘Pesawat’ Dalam Diri Anda Maka Anda Akan Mampu Meraih Apa Pun Yang Anda Impikan”.

Sebuah buku motivasi unik yang menggunakan analogi pesawat terbang. Menyampaikan setiap detail pesawat dan merelasikannya dengan kehidupan kita sehari-hari.

Penulis yang sejak kecil memiliki minat sangat besar terhadap dunia kedirgantaraan dan pernah bercita-cita menjadi pilot mengungkap cara-cara membuat pesawat bergerak dengan potensi optimal dalam 17 bab.

Misalnya dalam Bab 1 Destination: Raih Mimpi Setinggi Langit. Sebelum terbang, seorang pilot harus menentukan arah dan tujuan pesawat yang akan dibawanya terbang. Pilot harus menentukan koordinat tujuan, mengatur ketinggian, dan mempersiapkan segala sesuatu untuk proses take off, termasuk berkomunikasi dengan ATC (Air Traffic Controller) untuk meminta izin dari approne menuju ke runway. Setelah semuanya siap di posisi landas pacu, si pilot tinggal menunggu izin atau instruksi dari ATC untuk melakukan take off. Menentukan arah dan tujuan utama ini sangat penting karena tanpa menentukan tujuan maka pilot pasti akan bingung (hal. 15-16). Dalam kehidupan sehari-hari kita juga membutuhkan satu tujuan atau destination yang jelas dan gamblang. Tujuan itulah yang memacu, memandu, mengarahkan, membuat kita fokus, dan bersungguh-sungguh untuk mencapainya. Tujuan itulah yang bisa mengoreksi langkah-langkah kita ketika kita mulai menyimpang dari arah dan tujuan semula. Berkaca dari destination sebuah pesawat, maka di bidang apa pun yang kita pilih sebenarnya kita perlu visi dan misi yang jelas (hal. 17). Jalannya usaha pun akan jauh lebih baik, terarah, dan tingkat keberhasilannya lebih bisa diprediksi (hal. 18).

Kemudian lagi dalam Bab 6 Engine: Mimpi Hebat Butuh Tenaga Besar. Pesawat harus melaju dengan kecepatan sangat tinggi supaya bisa mulai mengudara, sekaligus untuk melawan adanya tenaga gravitasi bumi yang menarik pesawat tersebut ke bawah. Dalam kehidupan kita sehari-hari, ketika kita ingin merengkuh satu cita-cita yang besar, di situlah tenaga atau usaha kita yang terbesar akan digunakan (hal. 54).

Tidak kalah pentingnya dalam Bab 14 Pilot: Jam Terbang Menentukan. Seorang pilot harus sudah terlatih, bersertifikat, dan disiplin dalam menjalankan peraturan terbang. Di dalam menjalankan tugasnya, pilot harus bertanggung jawab penuh terhadap keamanan serta keselamatan para penumpang di dalam pesawat, baik ketika pesawat masih di darat maupun saat di udara. Seorang pilot harus menjalankan semua prosedur penerbangan secara ketat dan disiplin. Dia harus memastikan supaya semua prosedur penerbangan berjalan sangat tepat tanpa kesalahan sedikit pun: zero error! (hal. 104). Keberadaan pilot di dalam pesawat adalah soal tingkat kedisiplinan dan tanggung jawab mereka terhadap keamanan dan keselamatan orang lain. Kualitas kedisiplinan terhadap prosedur dan aturan, serta tanggung jawab yang begitu besar terhadap diri sendiri dan orang lain inilah yang menjadi biang keberhasilan di dunia penerbangan. Sedang dalam kehidupan sehari-hari, kualitas mental seperti ini juga mutlak dimiliki untuk menunjang kesuksesan seseorang. Mengambil contoh dari kedisiplinan para pemulung bangun pagi dan fokus pada jenis-jenis barang apa saja yang harus mereka dapatkan. Hal-hal yang kecil di mata kebanyakan orang, di mata pemulung ternyata hal-hal kecil itu justru menjadi sesuatu yang besar dan berharga. Dan dengan fokus serta kedisiplinan mereka, para pemulung itu pun bisa mendapatkan barang-barang buangan yang lebih bernilai ketika dijual kembali (hal. 105-106).

Andy F. Noya, pembawa acara “Kicky Andy”, dalam endorsement buku ini menyebutkan bahwa kita diajak belajar mengembangkan diri dan mengoptimalkan potensi kita melalui komponen-komponen pesawat.


Peresensi: Hanna Kristina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar